Home » History and Technology

Merk Sepatu – Janji Produsen Sepatu

Submitted by on April 1, 2010 – 11:53 amNo Comment

Merk sepatu seringkali diasosiasikan terhadap sebuah janji atau jaminan kepuasan pelanggan akan sepatu yang dikenakan. Hal ini boleh jadi benar adanya, sebab merk sendiri merupakan sebuah tanda yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk secara spesifik. Ketika seseorang merasa puas terhadap sepatu yang dibelinya, orang tersebut akan mengingat dan menyukai merk tersebut. Ketika orang itu tidak puas bahkan kecewa dengan sepatu yang dibelinya, maka orang itu akan mengingat untuk tidak membeli lagi sepatu dengan merk tersebut. Ketika itu pulalah kredibilitas sebuah merk sepatu dipertaruhkan: Sepatu bermerk harus selalu menjanjikan kualitas demi kepuasan para pelanggannya, karena telah berani memberi “merk” pada sepatunya.

Merk sepatu sendiri sejatinya merupakan jaminan kadar kualitas dan kepuasan akan sepatu tersebut. Penamaan merk pada sepatu bisa saja terdengar sangat meyakinkan. Sayangnya, banyak sepatu bermerk gagal memberikan jaminan tersebut sehingga konotasi merk terhadap sepatu tersebut menjadi negatif. Dari kondisi itulah kemudian muncul cap atau label merk berkelas hingga merk murahan dari sudut pandang para konsumen sepatu. Pelabelan dari sudut pandang konsumen ini sendiri merupakan suatu kritik maupun bumerang, yang mencerminkan sukses atau tidaknya sebuah merk dari sepatu itu di mata konsumen.

Merk sepatu saat ini sendiri telah begitu banyak, mulai dari merk-merk ternama hingga merk yang kurang dikenal. Berbagai jenis bentuk promosi dan pendekatan telah diupayakan untuk memperkenalkan merk sebuah sepatu dan merebut hati para konsumen sepatu. Namun, upaya promosi dan pendekatan tersebut juga merupakan langkah yang berbahaya bila tidak dibarengi dengan janji/jaminan kualitas yang ditawarkan. Mengapa? Karena bila seseorang atau sebuah instansi memasarkan dan mempromosikan sebuah produk yang tidak bermutu, maka sesungguhnya orang atau instansi tersebut semakin cepat membunuh produk yang dipasarkannya. Orang akan semakin banyak mencoba dan kecewa pada produk tersebut dan akhirnya mengakibatkan terbunuhnya merk produk tersebut.

Merk sepatu yang telah mendunia saat ini tidak sedikit jumlahnya. Banyak sepatu memakai merk designer ternama yang sebelumnya juga telah sukses di lini lainnya, terutama pakaian. Namun jarang ada sepatu bermerk yang benar-benar sejak awalnya terfokus pada produk sepatu itu sendiri. Jarang pula ada sepatu yang merk-nya dapat bertahan hingga ratusan tahun. Sepatu semacam inilah yang sesungguhnya lebih dapat dipercaya merk-nya termasuk kualitasnya.

Merk sepatu Clarks telah ada sejak tahun 1825 dan telah menjadi brand nomor satu untuk sepatu secara global dalam kategori pemakaian sehari-hari. Status ini  sendiri tidak datang secara tiba-tiba, melainkan berdasarkan pengalaman serta eksistensi sepatu Clarks selama ratusan tahun. Berawal dari sebuah kota kecil di Sommerset UK, kini Clarks telah menjadi brand global yang telah ada di 72 negara di dunia. Ini adalah suatu bentuk komitmen dari pioneer sepatu Clarks: kakak-beradik Cyrus dan James Clark serta para penerusnya untuk terus menciptakan sepatu-sepatu berkualitas. Untuk ke depannya, sepatu Clarks akan terus berkomitmen dengan mengupayakan yang terbaik untuk menjaga janji akan merk dari sepatu Clarks itu sendiri.

Popularity: 5% [?]

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Promo Items View All »